Toko Buku Islami

Penjelasan Matan Al-Aqidah Ath-Thahawiyah

Posted On Agustus 6, 2017 at 6:26 am by / No Comments

 

Jpeg

Judul Buku: Penjelasan Matan Al-Aqidah Ath-Thahawiyah
Penulis : Syaikh Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan
Penerbit: Darul Haq
Harga: 80.000
Deskripsi : 380 hal. (Hard Cover)
Ukuran : 16 x 24.5 cm

Deskripsi:

Mengingat pentingnya peranan tauhid dalam kehidupan manusia, maka mempelajarinya adalah suatu keniscayaan, agar kita menjadi Muslim yang benar-benar berpijak di atas bashirah dan berdasarkan akidah yang shahih.

Di antara kitab yang dianjurkan oleh para ulama untuk dipelajari sebagai pegangan adalah sebuah kitab yang ditulis oleh Imam Abu Ja’far ath-Thahawi, ulama abad ketiga di Mesir, yang kitab tersebut kemudian lebih dikenal dengan sebutan al-‘Aqidah ath-Thahawiyah.

Kitab ini diterima secara luas oleh para ulama, sehingga banyak di antara mereka yang menulis syarah atau penjelas atas kitab tersebut.

Meski perlu diketahui, bahwa ada di antara kitab-kitab syarah tersebut yang justru merusak dan memutarbalikkan kebenaran yang ada di dalamnya, sehingga syarah mereka masih harus dikaji ulang dan diluruskan karena bertentangan dengan akidah yang dimaksud oleh Imam Abu Ja’far ath-Thahawi.

Di antara kitab-kitab syarah yang lurus adalah kitab ini, yang judul aslinya adalah: at-Ta’liqat al-Mukhtasharah ‘Ala Matni al-Aqidah ath-Thahawiyah.

Kitab ini memiliki keunggulan yang patut dicermati oleh setiap Muslim yang ingin mempelajari dasar-dasar akidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah berdasarkan Manhaj as-Salaf ash-Shalih.

Syaikh Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan, menempuh metode yang sederhana dan mudah dicerna semua kalangan, tanpa mengurangi nilai ilmiah yang memang dimuat oleh pokok-pokok masalah yang diusung oleh manuskrip aslinya.

Keunggulan lainnya yang sebenarnya sangat substansial adalah, bahwa Syaikh al-Fauzan mengoreksi dan memberikan cacatan yang valid terhadap beberapa poin dari matan ath-Thahawiyah yang oleh banyak ulama dianggap kurang sejalan dengan Ahlus Sunnah wal Jama’ah. Artinya, kekurangan dan masalah-masalah yang mengandung kritik dalam matan aslinya diluruskan dan dilengkapi oleh penulis; yang menunjukkan bahwa beliau memang seorang ulama besar yang memiliki kapasitas untuk mensyarah kitab semisal al-Aqidah ath-Thahawiyah.

Sisi lain yang juga menambah kekuatan kitab ini, adalah bahwasanya semua hadits dan atsar yang dijadikan dalil oleh Syaikh telah ditakhrij dari referensi-referensi yang valid.

Semoga kita termasuk orang yang mendengarkan perkataan lalu mengikuti yang terbaik darinya.

Sms/wa:085 312 744 479

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *